Ubuntu, Sistem Operasi yang Murah dan Legal

Anda kenal Sistem Operasi (SO) Windows? tentu siapa yang tidak kenal dengan SO buatan dari Microsoft tersebut. Menurut data dari stat counter global, per januari 2012 seluruh seri Windows telah digunakan lebih dari 89,3% dari seluruh komputer yang ada di dunia ini. Windows telah dikenalkan kepada kita sejak kecil, bisa jadi di lingkungan sekolah (SD, SMP) ataupun dari lingkungan keluarga.

Mungkin beberapa dari anda juga mengenal  MacOSx, buatan Apple. Namun siapa yang kenal Sistem Operasi Linux? atau Ubuntu? Barangkali jarang dari anda yang mengetahui SO tersebut, saya sendiri baru mengetahui semenjak saya masuk di dunia perkuliahan. Linux sendiri sebenarnya telah ada semenjak 1991 yang dirilis oleh Linus Torvalds, sementara Ubuntu adalah SO yang disponsori oleh perusahaan Canonical yang berdasarkan Linux Debian yang pertama kali dirilis pada tahun 2004.

Ubuntu adalah Sistem Operasi yang didistribusikan sebagai free and open source software (FOSS) yang berarti anda dapat memakai, menggunakan kembali, menduplikasi, mempelajari, mengubah dan menambah secara bebas. Anda tidak perlu membeli lisensi untuk menggunakan Ubuntu, Anda bahkan bisa menduplikasikan Ubuntu secara legal. Hal-hal tersebut tentu tidak dapat dilakukan pada SO Windows maupun MacOSx.

Lalu kenapa saya menggunakan judul murah? mengapa tidak gratis? tentu saja ini ada alasannya. Untuk melakukan instalasi Ubuntu anda dapat mengunduh file .iso dari situs resminya atau meminjam cd dari teman anda, nah disinilah letak ketidak gratisannya. Untuk mengunduh file tersebut dibutuhkan koneksi internet, dan rata-rata koneksi internet di Indonesia adalah berbayar. Atau ketika anda memilih untuk meminjam cd, biasanya dilakukan di rental cd. Namun biaya yang Anda keluarkan tentu tidaklah seperti saat kita membeli lisensi dari SO Windows yang dapat mencapai ratusan ribu rupiah. Bahkan kalau Anda beruntung, Anda dapat meminta bantuan dari komunitas pecinta Ubuntu.

Apa itu komunitas pecinta Ubuntu? tunggu post saya selanjutnya

hehehehe…..

Comments (1)

baihakiFebruary 29th, 2012 at 08:55

hidup open source, tinggalkan software bajakan..

Leave a comment

Your comment